Senin, 14 Januari 2013

Cerpen Wedus (Viny JKT48)



Jazz + Rock = Love
          
          Aku berjalan melewati lorong sekolah menuju kelasnya. Aku memakai sweater dan kaca mata berwarna hitam serta membawa sebuah gitar akustik di punggungku. Aku berjalan melewati lorong sekolahnya yang cukup ramai dengan murid-murid yang sedang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Ada yang sibuk ngobrol layaknya tante-tante girang yang lagi ngerumpi, ada yang sibuk pacaran di pojokkan, ada yang pagi-pagi udah jail melorotin celana temennya, ada yang lagi galau gigitin hordeng kelas, tapi ada juga murid teladan yang lagi baca-baca buku pelajaran. Di kejauhan terlihat murid-murid sedang berkumpul di depan mading. Karena rasa penasaran, aku pun menghampirinya.

          “Ada apaan nih?” Tanyaku di belakang kerumunan murid-murid yang sedang melihat mading.
          Aku merangsak masuk melewati kerumunan menuju mading. Terlihat selebaran pengumuman lomba musik yang diadakan di sekolahku. Ini sebuah kesempatan bagus untuk mengembangkan hobby musikku. Tiba-tiba seorang gadis datang dari belakang menyenggol bahuku.
          

           “Eh, maaf.” Ucap gadis itu.
          

          Aku hanya menganggukkan kepalanya dan terdiam. Gadis itu adik kelasku, murid kelas 2, Ratu Vienny Fitrilya namanya atau biasa di panggil Viny seorang gadis manis yang berambut panjang. Aku beranjak meninggalkan mading sambil terus menoleh kearah Viny.



*
         
          Pukul 15.00 saatnya pulang sekolah. Aku beranjak pulang melewati lorong sekolah. Tiba-tiba seseorang menabrakku dari arah depan.

          “Maaf-maaf gak sengaja.” Ucap orang itu sambil merapikan buku-bukunya yang jatuh.
          “Iya gapapa, sini biar gue bantu.” Ucapku sambil membantu  merapikan buku-buku orang itu.
          “Eh Viny, kirain siapa.” Lanjutku.
          “Eeee…maaf ya kak, aku tadi buru-buru.” Ucap Viny dengan muka memerah.
          “Ah gapapa.”
          Tak sengaja aku melihat selembaran formulir di bawah buku Viny, “Ini kan
? kamu mau ikut lomba musik itu?” Tanyaku sambil memegang formulir itu.
          “Iya kak. Aku mau nyoba-nyoba aja.” Jawab Viny dengan senyum manis.
          “Kamu bisa main alat musik?” Tanyaku.
          “Aku bisa main gitar, tapi ya mainnya gitu-gitu doang hehe.” Jawab Viny sambil tertawa kecil.
          “Gitu-gitu gimana hahaha, yaudah good luck deh buat lombanya.” Ucapku sambil bangun berdiri setelah membantu membereskan buku-buku Viny.
          “Makasih ya kak, hmm…. aku pulang duluan ya.” Ucap Viny dengan senyum manisnya dan beranjak pergi.
         
          Hah…. Viny memang gadis yang sangat manis sampai-sampai membuat aku ingin mimisan air zam-zam jika melihatnya. Setelah melihat Viny yang beranjak pergi di kejauhan, aku pun melangkahkan kakiku kembali dan bergegas pulang.

*

          Pagi itu aku turun dari motor ku dan bergegas menuju ruang kesenian sebagai tempat pendaftaran lomba musik itu. Aku membawa map yang berisi syarat-syarat mengikuti lomba musik. Suasana ruang kesenian tidak terlalu ramai. Terlihat Viny sedang melakukan registrasi pendaftaran.

          “Bu saya mau daftar lomba.” Ucap Viny sambil menyodorkan map berisi syarat-syarat perlombaan.
          “Kamu tau ini lomba pert
eam bukan perorangan, satu team itu minimal 2 orang.” Ucap guru kesenian sambil melihat kearah Viny.
          “Hah? Ini lomba pert
eam bu?” Tanya Viny terkejut.
          “Iya, kalo kamu gak punya t
eam, ya ga bisa ikut lomba ini.” Ucap guru kesenian itu.
         
          Viny bergumam dalam hati, “Gimana nih? gue pengen banget ikut lomba ini.”
          
          “Saya teman satu teamnya bu.” Ucapku dari belakang
          
          Viny memalingkan wajahnya kearah belakang, “Kakak?” Ucap Viny heran.
           
          “Maaf bu maaf hehehe, ini bu saya mau daftar, sekalian di gabung aja sama mapnya Viny.” Ucapku sambil menyodorkan map yang ku bawa.
          “Oke bagus, kalian ingat perlombaannya satu minggu lagi, persiapkan diri kalian baik-baik.”
         
          Aku dan Viny meninggalkan ruang kesenian. Viny berdiri di depanku dan menghentikan langkahku.

          “Kak, soal yang tadi….” Ucap Viny sambil menghadap kearahku.
          “Hmm…. Kenapa? Mau nunggu apa lagi? Ayo nanti kita latian.” Ucapku sambil berjalan melewati Viny.
          “Makasih ya kak.” Ucap Viny sambil mengejar langkahku.
          “Harusnya gue yang ngucapin makasih karena lo mau jadi
anggota team gue.” Ucapku sambil menunduk terseyum.
          “Oh iya, latiannya nanti sore aja ya. Gue tunggu lo nanti pulang sekolah di tempat parkir. Gua masuk kelas dulu ya.” Lanjutku sambil masuk ke kelasnya.
         
          Viny tersenyum
kearahku dan beranjak pergi menuju kelasnya.

*

           “Hai kak.” Teriak Viny di kejauhan sambil melambaikan tangannya kearahku.

           Viny berjalan pelan kearahku dengan perlahan. Rambut panjang Viny melambai-lambai tertiup angin. Wajah Viny yang manis menjadi lebih manis ketika sinar mentari senja menyinari wajahnya. Aku hanya bengong dan terpana melihatnya.

          “Kak? Kak?” Tanya Viny.
          “Hah? Iya?” Jawabku tersadar.
          “Jadi, latian kan?” Tanya Viny.
           “Iya, iya jadi ayo naik.” Ucapku sambil menyalakan motor yang kutaiki.

          Aku dan Viny berboncengan menelusuri jalan sore yang cukup ramai menuju studio musik milikku. Tak beberapa lama aku dan Viny sampai di studio musikku yang ukurannya tidak terlalu besar. Aku dan Viny pun masuk kedalam studio itu.

          “Oke kita bakalan bawain lagu Jazz.” Ucapku sambil mengeluarkan gitar akustik kesayanganku.
          “Tunggu dulu kak, aliran musik aku bukan Jazz.” Ucap Viny.
          “Terus apa? Biasanya kalo cewe sukanya Jazz, atau mungkin aliran musi
k lo pop ya?”
          “Bukan juga kak, aliran music aku itu Rock.”
          “Hah? Apa lo bilang? Rock?” Ucapku terheran.
          “Iya, emang kenapa?” Tanya Viny sambil mengenakan sabuk gitarnya.
          
          Aku hanya menggeleng-gelengkan kepala. Aku tak menyangka gadis secantik dan semanis Viny ternyata adalah seorang lady rocker.

          “Yaudah deh ayo kita mulai. Gimana nanti pas lomba kita bawain lagu Kind of Blue dari Miles Davis?” Usulku.
          “Ah terlalu slow, mending Sweet Child O’
Minenya Guns N’ Roses.” Usul Viny.
          “Aduh gue bingung nih, gue alirannya Jazz, lo alirannya Rock.” Ucapku sambil menggaruk-garukan kepala.
         
          Sesaat suasana menjadi hening. Aku dan Viny memikirkan bagaimana menyatukan perbedaan aliran musik ini.

          “Aha aku punya ide kak, kenapa gak kita kolaborasiin aja Kind of Blue sama Sweet Child O’mine?” Usul Viny.
          “Boleh juga tuh, nanti kita namain aliran kita
I Jazzy Rocker.” Ucapku.
          “Iya iya lucu tuh.” Ucap Viny sambil tersenyum manis.
          “Yaudah nunggu apalagi? Ayo mulai.”

          Aku dan Viny memulai latian. Aku dan Viny terlihat kompak memadukan musik Jazz dengan musik Rock. Aku dan Viny berlatih selama 2 jam.Sejak saat itu, setiap sore aku dan Viny selalu berlatih bersama. Hingga
seiring dengan waktu tumbuhlah benih-benih cinta antara aku dan Viny.

*

          Akhirnya hari yang di tunggu pun tiba. Aku dan Viny mendapatkan urutan ke-51. Perasaan dag dig dug timbul di dalam dada. Inilah saatnya aku dan Viny menampilkan hasil latian yang telah mereka jalani.
          
          “Nomer urut 51 silakan naik keatas panggung.” Salah seorang juri memanggil.

          Aku dan Viny naik keatas panggung
yang berukuran 6x3 meter.

          “Kami akan membawakan kolborasi lagu Kind of Blue dari Miles Davis dengan Sweet Child O’Mine
dari Guns N’ Roses.” Ucapku.
          
           Viny langsung memberi tahu aliran musik kami,

          “Kami menamakan aliran musik kami
I….”
          “Love
You.” Ucapku yang langsung memotong kata-kata Viny.

          Viny tersenyum manis dan mukanya memerah
. Mungkin ini yang di namakan jazz + rock = love.


***






2 komentar: